Senin, 17 Maret 2008

Saat Badai Kehilangan Gairah Seks Datang Menerpa

KapanLagi.com - Banyak orang kehilangan gairah seksnya dalam sesaat, terutama saat stres atau setelah melahirkan. Tapi bagaimana jika Anda tidak berhasil mendapatkan kembali gairah Anda?

Ahli pengobatan mental seksual, Paula Hall akan menjelaskan penyebabnya dan solusi pemecahannya.

Jika Anda punya pasangan dan tiba-tiba Anda merasa kehilangan minat dan gairah seks Anda, bukan Anda saja yang kehilangan kesenangan dan keintiman yang dihasilkan saat melakukan hubungan seks, tetapi tentu saja pasangan Anda.

Hal itu dapat mengarah pada timbulnya perasaan kuat akan adanya suatu penolakan dan kehilangan, di mana segera akan berkembang menjadi suatu rasa kebencian. Masing-masing akan mulai meragukan kemampuan seks dan kemenarikannya. Kehilangan minat pada seks terutama sangat mengganggu bagi pria. Sudah menjadi suatu legenda yang umum kalau pria sangat mengharapkannya, jadi jika Anda tidak mengharapkannya, baik Anda maupun pasangan Anda akan merasa tersisihkan dalam kebingungan.

Penyebab Umum

Gairah seks yang begitu rendah secara cepat menjadi masalah yang paling banyak terjadi. Ada banyak penyebab kenapa seseorang tiba-tiba kehilangan gairah seksualnya, tapi seringkali yang terjadi adalah walaupun penyebab awalnya telah lama berlalu, suatu pasangan merasakan begitu sulitnya untuk memulai kembali kehidupan seksual mereka.

Dalam beberapa kasus, kehilangan gairah seksual bisa jadi gejala dari masalah seksual lainnya. Sebagai contoh: kesulitan mendapatkan orgasme, impotensi atau hubungan seksual yang menyakitkan.

Dalam beberapa kasus, masalahnya memang secara fisik. Tetapi pada mayoritas kasus yang ada, hal ini lebih banyak disebabkan oleh pemikiran dan perasaan yang negatif. Hal yang paling umum seperti:

- Kepercayaan diri rendah
Jika Anda tidak merasa nyaman dengan diri Anda, Anda akan sulit melihat diri Anda sebagai makhluk seksual. Pasangan Anda akan melihat bagian paling privasi dari Anda dan itu benar-benar akan menguji kepercayaan diri Anda.

- Masalah dalam suatu hubungan
Jika Anda merasa marah, kecewa atau tidak aman dalam hubungan Anda, Anda sungguh perlu mengatasi masalah-masalah ini sebelum Anda mengharapkan munculnya gairah pada pasangan Anda. Cobalah untuk berbicara tentang masalah ini atau pergilah ke konseling bersama pasangan Anda. Ada juga kasus beberapa pasangan kesulitan untuk merasakan gairah pada pasangan mereka karena mereka merasa terlalu dekat. Hubungan mereka lebih terasa seperti saudara dan berhubungan seks terasa seperti hal yang tidak pantas. Terapi seks dapat membantu pasangan-pasangan ini untuk saling melihat pasangannya dalam satu pandangan baru.

- Masalah pasangan
Ini merupakan masalah yang sensitif, tetapi terkadang yang membuat hilangnya gairah Anda memang terletak pada pasangan Anda. Ini memang lebih mengarah masalah fisik atau kebersihan. Mungkin kebiasaan pasangan Anda yang menghilangkan gairah Anda atau dia bukan ahli dalam bercinta.

- Pengalaman buruk
Masa kecil yang kelam dan pengalaman traumatis bisa menjadi sebab Anda selalu berpikir negatif pada seks.

- Ketakutan
Ketakutan di sini bisa berupa kekhawatiran yang besar akan kehamilan atau terinfeksi suatu penyakit. Bicara dengan pasangan Anda atau pada konsuler akan sangat membantu.

Penyebab Lain

Adanya penyakit, ketidak mampuan atau perubahan gaya hidup yang membuat Anda selalu kecapekan, kesakitan dan merasa rendah diri menjadi penyebab tidak langsung akan kehilangan gairah Anda. Tetapi ada juga yang berpengaruh langsung seperti:

- Depresi
- Melahirkan
- Ketergantungan alkohol dan obat-obatan terlarang.
- Penyakit atau kerusakan fungsi pada testis atau indung telur, yang mana akan berdampak pada produksi hormon.
- Penyakit pada kelenjar di bawah otak, hypothyroidism, sirosis atau stres.
- Efek samping dari beberapa obat.

Dengan mengetahui sedikit banyak apa penyebab penurunan gairah Anda akan sangat berguna jika Anda ingin berkonsultasi ke dokter.

Tips untuk meningkatkan gairah Anda

- Cobalah rileks
Ini adalah hal terpenting yang harus Anda lakukan. Berendamlah, berlatihlah teknik pernafasan atau belilah video rileksasi.

- Periksalah lingkungan Anda
Pastikan tidak ada pengganggu yang sering membuat Anda terbangun dan suasana yang ada cocok dengan selera Anda.

- Latihlah pangkal panggul Anda.
Ini akan meningkatkan aliran darah ke organ kelamin Anda dan membuat Anda lebih sensitif akan sensasi dari rangsangan fisik.

- Coba gunakan fantasi
Buat diri Anda dalam mood yang baik dengan tenggelam dalam sensasi fantasi favorit Anda.

- Nikmatilah diri Anda sebagai individu yang punya gairah
Jangan terburu-buru dan biarkan badan Anda fokus pada kenikmatan dari sensasi sentuhan.

- Ubahlah pandangan Anda
Tambah pengetahuan seks Anda dengan membaca atau menonton sesuatu yang lebih seksi dari yang biasanya Anda lakukan.

- Berpikirlah positif
Jika ada sesuatu tentang pasangan Anda dan diri Anda sendiri yang tidak Anda suka, coba jangan pikirkan tentang hal itu. Coba paksakan dirimu untuk hanya melihat dan berpikir mengenai sisi-sisi positif yang ada, selain itu jangan dipikirkan.

- Rangsanglah sistem kegugupan Anda
Berolah raga, nonton film horor, naik roller coaster. Apa saja yang bisa mempercepat detak jantung Anda. Menurut peneliti setelah 15-30 menit, badan Anda akan lebih responsif dengan rangsangan seksual. (bbc/cax)
printCetak artikel ini

Tidak ada komentar: